Sejarah Capsa Susun

Sejarah Capsa Susun – Permainan kartu capsa susun merupakan suatu jenis permainan kartu yang sudah sangat familiar terdengar di telinga kita. Ini mungkin dikarenakan oleh sedemikian mudahnya permainan ini untuk dimainkan oleh semua orang dari setiap lapisan masyarakat makanya banyak yang memainkannya sebagai satu bentuk hobi tertentu dari budaya urban saat ini.

Seperti telah kita ketahui bersama, kartu capsa selain sangat familiar di antara kita, juga merupakan permainan kartu no. 2 paling terkenal setelah permainan kartu poker. Namun begitu, ada saja rekan-rekan penjudi yang lebih suka memainkan game kartu capsa daripada game kartu poker biarpun game kartu poker adalah game yang lebih terkenal. Ini mungkin hanya masalah selera, bukan?

Permainan kartu capsa susun menurut beberapa orang ahli sejarah adalah hasil evolusi dari sejenis permainan catur yang dimainkan oleh para gembala di Asia Barat. Saat itu, permainan yang saat ini dikenal sebagai permainan kartu capsa susun di mainkan dengan konsep yang hampir sama dengan permainan catur namun alat yang digunakan untuk bermain bukanlah kartu melainkan batu kerikil. Lagi, menurut para ahli permainan ini juga dikenal dengan nama big two capsa yang memiliki arti tiga belas (13).

Sementara itu, sebagian ahli sejarah menuturkan bahwa permainan ini di gunakan untuk mengisi upacara penghormatan dan juga sebagai sarana berkomunikasi dengan para dewa.

Permainan capsa susun diyakini ditemukan pertama kali di daratan China sekitar abad 10 Masehi.

Permainan ini juga diketahui telah dimainkan di jaman China kuno yaitu pada masa pemerintahan kaisar Mu-Tsung. Saat itu, capsa susun merupakan permainan yang dimainkan bersama dengan permainan Pai Gow.

Pada sekitar tahun 1800 kartu capsa susun dibuat dari kayu dan di produksi secara massal untuk di jual ke pasar-pasar.

Setelah kesuksesan produksi massal menggunakan kayu, maka kemudian di produksilah kartu capsa susun dengan bahan plat tembaga.

Pada tahun 1800 juga, para ahli sejarah mengemukakan bahwa proses produksi kartu dengan tehnik litografi dan warna menguatkan keyakinan bahwa capsa susun merupakan permainan yang sangat diminati oleh berbagai kalangan yang terdapat di masyarakat kala itu.

Yang masih samar untuk diketahui sampai saat ini ialah siapa sebenarnya ‘tokoh’ yang ada pada gambar kartu remi seperti Jack, Queen hingga King pada kartu modern.

Hanya saja, pada kartu-kartu sebelumnya terus berganti dari masa ke masa seperti kartu tua dari Italia dan Spanyol, keempat kartu King nya melukiskan para raja dari kerajaan besar dunia di abad pertengahan lalu. Misalnya pada zaman Raja Henry III dari kerajaan Perancis naik tahta, kostum para bangsawan pada kartu tersebut berubah mengikuti mode fashion di zaman itu.

Demikian Sejarah Capsa Susun, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *